Kamis, 15 Desember 2016

Tips Jitu Agar Tak Salah Masuk Jurusan

Berdasarkan pengalaman yang kurasakan karena terdampar dijurusan yang bukan aku banget. Kali ini aku mau ngasih beberapa tips nih buat kalian adek-adek gemez yang sekarang duduk di bangku kelas 3 SMA dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kalian lakukan agar tidak salah jurusan. Check this out guys!

1. Kenali Keinginanmu

Langkah pertama jelas kalian harus tahu apa sih yang kalian mau, apa yang kalian inginkan untuk masa depan kalian, karena segala sesuatu berasal dari apa yang kamu inginkan dengan begitu kamu akan dengan senang hati berada dijurusan yang kamu pilih kelak. Gimana bisa kita belajar dengan baik sementara kita ada disituasi yang sama sekali enggak kita inginkan?

2. Ketahui Skill yang Kamu Miliki

Hal yang enggak kalah penting dari keinginanmu adalah skill yang kamu punya. Yaps kamu enggak mungkin dong pengen masuk jurusan akuntansi sementara baru itung-itungan dikit kepala kamu udah keleyengan. Haduh enggak banget lah ya. Meskipun kita bisa memperdalam skill kita saat sudah masuk dijurusan yang kita pilih, tapi akan lebih baik juga jika kita sudah mengetahui skill yang dapat sesuai dengan jurusan yang akan kita pilih nanti.

3. Cari Tahu Lebih Dulu Tentang Jurusan yang Ingin di Pilih

Kita seringkali dibuat salah mengambil keputusan hanya karena melihat nama jurusannya dan sudah mengira bahwa jurusan tersebut akan mempelajari apa yang menurut kita. Hell ya, jangan sampai seperti aku yah hanya karena namanya Administrasi Negara aku pikir sama dengan Administrasi Perkantoran padahal beda jauh. Jadi sebelum memnentukam pilihan jelas kita harus mencari tahu lebih dulu apa sih jurusan kita itu, mempelajari apa saja, entar prosfek kerjanya bagaimana, dan lain sebagainya. Enggak mau dong perjuangan kita selama bertahun-tahun untuknmendapatkan gelar sarjana berakhir sia-sia? Uh, jangan sampai yah!

4. Pilih Jurusan yang Prosfek Kerjanya Bagus

Enggak semua jurusan memiliki prosfek kerja yang bagus, beberapa jurusan sudah banyak peminatnya namun tidak jelas untuk prosfek kerjanya nanti akan kemana. Untuk itu nih kita harus pintar-pintar mencari jurusan yang memang lulusannya bisa diterima kerja dengan mudah, meskipun memang segala sesuatunya tidak ada yang mudah. Tapi setidaknya dibutuhkan dalam dunia kerja kelak. Sehingga gelar sarjana yang kita dapat tidak akan berakhir hanya menjadi pengangguran. Tahu sendirikan sekarang banyak sarjana yang menganggur?

5. Minta Saran Orang Lain

Setelah melakukan hal-hal diatas hal terakhir yang bisa kita lakukan saat menentukan jurusan yang akan kita pilih adalah meminta saran orang lain, khususnya orang tua, ataupun orang-orang lainnya yang lebih mengerti tentang perguruan tinggi. Dengan begitu dijamin deh kamu akan mendapatkan pencerahan. So, jangan malu brtanya yah guys, apalagi untuk kepentingan masa depan kita.


Nah gimana? Udah tahukan hal apa yang akan kalian lakuin debelum menentukan jurusan? Semoga nih tips-tips diatas bisa membantu kalian sehingga tidak masuk ke dalam jurusan yang salah, karena gimanapun semangat itu ada jika kita berada ditempat yang benar. So guys, pikirkan dulu yah sebelum memilih jurusan! Fighting!


16 Desember 2016


#30DWC Jilid 3 Hari ke 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...