Rabu, 14 Desember 2016

Salah Masuk Jurusan

Saat ini aku sedang menempuh perkuliahan di Universitas di Banten dengan jurusan yang tekuni adalah Administrasi Negara. Entahlah setelah melewati 3 semester aku mulai merasa bingung dan bimbang dengan program studi yang kuambil. Aku merasa salah masuk jurusan.
Begini pada awalnya aku memilih program studi Administrasi Negara adalah karena aku ingin melanjutkan jurusan yang kuambil saat Sekolah Menengah Kejuruan yakni Administrasi Perkantoran. Tapi sialnya ternyata sekalipun sama-sama ada kata Administrasi-nya, sungguh kedua jurusan itu sangat jauh berbeda.
Jika di Administrasi Perkantoran aku mempelajari bagaimana menjadi seorang sekretaris yang baik, bagaimana mengarsipkan dokumen, mengetik sepuluh jari, menyusun sebuah acara, menyusun rapat, stenografi, menjadi resepsionist dan hal-hal menarik lainnya yang berhubungan dengan administrasi di sebuah perkantoran. Awalnya aku pikir saat memilih jurusan Administrasi Negara aku masih akan mempelajari hal-hal yang sama hanya saja dalam lingkup yang lebih besar yakni negara. Tapi ternyata aku salah besar.
Seharusnya saat mengetahu Administrasi Negara masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik aku seharusnya mengerti apa yang akan kupelajari. Ya, politik. Sebagian besar mata kuliah yang kuambil membahas mengenai politik. Jujur, itu sangat membuatku pusing dan kesulitan. Bagaimana bisa aku, orang yang tidak begitu mengerti dan menyukai politik harus bergelut dengan kuliah tersebut. Aku kesulitan menerima setiap perkuliahan yang ada, meskipun untungnya aku masih bisa paham jika membaca, tapi jika sudah dalam kelas dan masuk ke dalam diskusi aku merasa orang paling bodoh yang tidak mengerti apa-apa, tidak tahu apa yang sedang di jelaskan ataupun didiskusikan. Aku seperti berada didunia asing yang sama sekali tidak ku mengerti. Aku tidak begitu sering menonton berita, tidak begitu mengikuti perkembangan pemerintahan yang ada, tidak juga memperhatikan isu-isu yang terjadi di negaraku. Sungguh hal yang memalukan bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan di Administrasi Negara.
Aku malu, sangat. Aku takut jika suatu saat aku bertemu orang dan di pertanyakan mengenai apa yang sedang terjadi dalam pemerintahan serta diminta menganalisa aku tidak mengerti apa-apa. Jangan sampai hal itu terjadi.
Sekarang aku ada di penghujung semester 3 tapi entahlah tak banyak yang ku dapat selama perkuliahan berlangsung hanya beberapa saja yang kumengerti. Apalagi ternyata Administrasi Negara bukan hanya mempelajari bidang Politik tapi merambah pada bidang-bidang lainnya, dari mulai Hukum, Manajemen sampai Akuntansi. Aku semakin dibuat bingung. Aku merasa tak ada bidang spesifik yang dipelajari dalam Administrasi Negara.
Hal tersebut seringkali membuatku berpikir akan menjadi apa aku kelak saat sudah menjadi sarjana.  Terlalu banyak bidang yang kupelajari dan terlalu banyak yang tidak ku mengerti. Meski begitu aku tetap berharap kelak ada tempat yang mau menerimaku menampung segala keahlian yang ku miliki.
Aku akui aku salah masuk jurusan. Seharusnya aku berada di jurusan yang lebih spesifik mempelajari apanya, berada di jurusan yang lebih banyak melakukan praktek di bandingkan teori, berada di jurusan yang tidak seberat politik, berada di jurusan yang tidak mengharuskanku untuk berpikir keras meskipun pada nyatanya semuanya pun begitu, tapi setidaknya aku tidak berpikir keras untuk sesuatu yang tidak kusukai mungkin akan lebih menyenangkan. Seandainya saja aku bisa mengulang waktu aku ingin mengambil jurusan Ilmu Psiokologi, Ilmu Komunikasi atau Akuntansi mungkin itu akan lebih baik untukku. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Aku sudah terlanjur masuk kedalamnya jadi yang perlu kulakukan sekarang hanyalah mencoba menyukai jurusan yang sedang ku tempuh, karena katanya kita harus menyukai sesuatu dulu agar kita semangat untuk mempelajarinya, dan itulah yang saat ini kulakukan. Semoga saja lambat laun aku bisa beradaptasi di jurusanku sekarang hingga akhirnya aku tidak menjadi sarjana yang sia-sia. Semoga.

15 Desember 2016
#30DWC Jilid 3 Hari ke 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...