Sabtu, 10 Desember 2016

Mana yang lebih dulu Data atau Informasi



Mana yang lebih dulu, Data atau Informasi?

            Diskusi ini terjadi pada hari Jum’at, 4 November 2016. Pagi itu seperti biasa pukul 08.00 saya bersama teman-teman yang lain ada kelas di Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Untuk perkuliahan kali itu kita dibuat bingung dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen saya mengenai Data atau Informasi mana yang lebih dulu? Hal itu cukup menjadikan diskusi yang panjang.
            Berbagai pendapat dilontarkan pada waktu itu. Ada yang mengatakan bahwa data ada lebih dulu baru informasi, ada juga yang mengatakan bahwa informasilah yang lebih dulu ada dibandingkan data.
            Menurut beberapa orang data ada lebih dulu dari informasi karena kita mendapatkan informasi dari data yang kita lihat. Seperti misalnya ketika kita diminta untuk membuat makalah mengenai sesuatu, kita harus mencari data terlebih dahulu ke sebuah instansi atau tempat yang memang dapat berguna dalam proses pembuatan makalah. Selain itu untuk berita atau informasi yang disiarkan ditelivisi maupun ada dalam Koran dan majalah itu semua berasal dari data.
            Sedangkan menurut pendapat beberapa orang yang mengatakan informasi ada lebih dulu di bandingkan data hal itu dikarenakan menurutnya data tercipta atau berasal dari informasi yang kita dapatkan sebelumnya. Menurut pendapat lainnya informasi diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi data.
            Diskusi kali itu cukup memakan waktu panjang karena setiap orang bersikukuh dengan pendapatnya masing-masing. Bahkan menurut beberapa orang mendiskusikan ini sama sulitnya dengan mencari tahu mana yang lebih dulu ayam atau telur.
            Hingga akhirnya setelah pedebatan yang cukup panjang sang dosen pun memberitahukan kebenarannya. Jadi jika ditanya mana yang lebih dulu data atau informasi maka jawabannya adalah data. Karena data merupakan informasi yang belum di olah. Bagi seseorang yang tidak mengetahui kegunaan data mungkin yang melihat data tak akan mengerti dan menganggap itu hanyalah kumpulan dari huruf dan angka-angka yang tidak penting. Namun bagi mereka yang mengerti bisa saja data tersebut merupakan informasi yang sangat penting. Sebelum mendapatkan informasi kita harus mencari data terlebih dshulu.
            Jadi berdasarkan diskusi tersebut dapat disimpulkan bahwa data ada lebih dulu dibandingkan informasi.

10 Desember 2016
#30DWC Jilid 3 hari ke 10

2 komentar:

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...