Selasa, 13 Desember 2016

Nyctophilia: The Love Of Darkness or Night

 Nyctophilia: The Love Of Darkness or Night

Setelah beberapa hari yang lalu aku sempat membahas mengenai Pluviophile yakni sebutan bagi si pecinta hujan, kali ini aku menemukan istilah baru dalam dunia psikolohi yakni Nyctophilia. Apa sih Nyctophilia? Ada yang pernah denger, damn yaa kata ini ngingetin aku sama sahabatku, Philia, I miss you so much guys. Okey Skip! Jadi dari yang saya temukan berdasarkan hasil pencarian di google, Nyctophilia itu artinya The Love Of Darkness or Night, finding relaxation or comfort in darkness. Simplenya sih seseorang yang menyukai kegelapan atau malam hari. Like kelelawar gitu lah ya, tapi bukan kupu-kupu malam. Hihi.
Jadi buat kalian yang menyukai kegelapan ataupun malam bisa banget tuh disebut Nyctophilia. Jika kebanyakan orang merasa takut akan kegelapan hal ini akan berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh Nyctophilia, mereka akan menemukan ketenangan, bahkan merasa nyaman dalam keadaan gelap dan malam hari.
Aku sendiri menyukai gelap, tapi tidak gulita, aku menyukai kegelapan tapi masih ada sedikit pencahayaan. Aku juga cukup menyukai malam hari, dimana kondisi sepi dan sunyi jauh dari kebisingan. Dulu saat aku masih duduk di bangku sekolah aku memang tidak pernah tidur larut, aku terbiasa tidur dibawah jam 11. Namun semenjak aku duduk di bangku kuliah ngekost aku terbiasa untuk tidur di atas jam 12. Entahlah, memang benar jika saat malam seperti itu aku dapat menemukan ketenangan. Ketenangan itulah yang bisa membuatku  fokus belajar. Coba saja belajar pada waktu tengah malam apa yang kita pelajari akan mudah masuk ke dalam otak, itu sih yang aku rasakan entah dengan yang lain. Selain itu  saat tengah malam juga bisa banget dijadikan waktu untuk menulis, karena percaya atau tidak ide-ide mendadak muncul dan berjalan lancar pada waktu-waktu seperti. Aku bahkan menyelesaikan sebagian dari Novel Boy In Luv dan tulisan-tulisan lainnya yang ku buat pada waktu tengah malam. Meski resikonya harus menahan kantuk selama perkuliahan berlangsung di siang hari.
Selain itu saat tidur pun aku lebih menyukai lampu dimatikan, karena entahlah mungkin ini terdengar aneh karena menurutku saat gelap aku tak akan bisa melihat makhluk gaib, serius aku mempunyai pikiran seperti itu, karena dengan gelap penglihatan kita menjadi terbatas berbeda dengan saat terang.
Entahlah apa aku bisa disebut Nyctophilia atau tidak, yang jelas malam hari bisa menjadi waktu yang pas untuk menciptakan karya-karya tulisan yang ku buat.
Kamu menyukai kegelapan atau malam hari, merasa tenang dan nyaman bersamanya? Mungkin kamu adalah seorang Nyctophilia.

14 Desember 2016
#30DWC Jilid 3 Hari ke 14

1 komentar:

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...