Senin, 27 Februari 2017

Don't Judge!

Don't Judge!

Dalam menjalani hidup ini setiap pribadi mempunyai pandangannya masing-masing. Beda kepala beda pula cara berpikir. Tuhan menciptakan individu berbeda-beda, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itulah kita tidak diperkenankan untuk menghakimi orang lain. Terlepas dari apapun itu Tuhan telah menciptakan makhluknya sesempurna mungkin.

Aku dan mulut nakalku pun tidak luput dari kegemasan untuk membicarakan orang lain. Menghakimi orang lain, hanya karena sesuatu yang menurutku terlihat buruk. Namun seiring berjalannya waktu aku tahu aku telah salah. Menghakimi orang lain hanya dengan melihatnya dari satu pandangan jelas bukanlah sesuatu yang benar.

Perkuliahan sore tadi dengan salah satu dosen untuk mata kuliah Statistika nyatanya telah membuka mata pikiranku. Katanya, setiap jal tidak bisa dipandang hanya dari sebelah sisi. Kita harus belajar untuk memandang sesuatu dari berbagai persfektif.

Misalnya, seorang wanita muslimah cenderung dinilai baik saat ia mengenakan pakaian yang baik (Syar'i). Lantas seorang wanita yang belum berkerudung bisa dikatakan wanita tidak baik, begitukah? Tapi bagaimana jika di sisi lain wanita itu seringkali memberikan bantuan kepada orang lain? Bukankah hal itu termasuk ke dalam sifat terpuji?

Sama halnya ketika kita membaca novel ataupun menonton sebuah film. Kita seringkali membenci sosok antagonis disana, padahal jika kita melihatnya dengan pikiran yang lebih terbuka bisa saja antagonis itu memiliki sisi yang baik. Misal dia bersikap jahat untuk melindungi orang lain, atau untuk melindungi dirinya sendiri. Bukankah hal itu jelas menjadi haknya?

Begitu juga dengan seorang pencuri. Ia memang telah melakukan tindak kriminal yang jahat. Tapi bagaimana jika adalah alasan baik yang mendasarinya? Semisal ia mencuri agar mendapat uang untuk pengobatan ibunya yang sedang sakit. Bukankah itu merupakan niat yang baik?

Untuk itulah mulai sekarang cobalah buka pikiranmu lebih luas. Dunia ini, kehidupan ini semuanya sangat luas. Oleh karena itu, kita tidak bisa memandangnya hanya dari satu sisi. Kita tidak bisa menghakimi sesuatu hanya karena kita melihatnya dengan sebelah mata. Kita harus belajar untuk memandang segalanya dari berbagai sisi. Dengan begitu kita dapat melihat sesuatu dengan lebih benar. Setidaknya kita tidak akan langsung menjudge sesuatu hanya karena baru melihatnya sekali. Sungguh hal yang aneh rasanya, ketika kita menjudge seseorang tanpa coba memandangnya dsri sisi yang lain.

Seseorang bisa terlihat buruk dalam suatu hal tapi bisa saja di hal yang lainnya ia merupakan yang terbaik. Don't Judge a Book From The Cover. Rasanya istilah itu memang sangat benar. Sesuatu yang terlihat bagus dari luar belum tentu dalamnya juga bagus, bisa saja ada sebuah pencitraan karenanya. Begitu juga dengan sesuatu yang terlihat buruk dari luar bisa saja ia menyembunyikan sejuta kebaikan di dalamnya.

Mudahnya jangan menghakimi orang lain hanya dengan melihatnya dari satu sisi. Bukankah kita juga tak suka jika dihakimi oleh orang lain? Begitu juga yang mereka rasakan saat kita menghakiminya. Intinya jangan menjudge saat tak siap di judge!

#30DWC Jilid 4 Hari ke 27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...