Rabu, 01 Maret 2017

Mahasiswa: Generasi Muda Penerus Bangsa



Namaku Choirunnisa. Aku berasal dari daerah Pandeglang. Pandeglang? Mungkin kalian asing dengan kota tersebut dan mulai bertanya-tanya dimana letaknya. Ya, Pandeglang hanyalah kabupaten yang berada di Provinsi Banten. Mungkin bisa dibilng kota kecil yang terbelakang, yang tak banyak diketahui oleh penduduk Indonesia. Tapi ketahuilah meski mungkin kalian memandang aku sebagai orang yang tinggal di kota kecil, percayalah mimpiku sangatlah besar.

            Aku tak peduli dimana aku tinggal, bagaimana kondisinya, apa latar belakangku yang aku tahu aku juga punya mimpi besar yang selalu ingin kuwujudkan tak perduli bagaimana caranya. Salah satu mimpiku adalah membuat negeriku tercinta menjadi Indonesia lebih baik.

            Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang membuat negeri kita seperti kehilangan arah, tak memiliki acuan, tak terurus. Korupsi dimana-dimana, bencana alam datang silih berganti, penegakan hukum yang tak tegas, rakyat miskin merajalela, fasilitas tak memadai dan Pemerintah yang hanya bak pajangan. Sungguh mengecewakan. Akan menjadi apa negeri kita kelak?

            Untuk itulah sejak dulu aku, dengan segala keterbatasan yang ku punya selalu berangan-angan untuk dapat memiliki pendidikan yang tinggi. Setidaknya dengan ilmu yang ku punya dari pendidikan itu aku bisa membuat negeriku menjadi lebih baik.

            Oleh karena itu, disinilah aku berada. Merantau ke Kota Serang yang meskipun hanya beberapa jam dari daerahku. Menempuh pendidikan yang lebih tinggi, menjadi seorang mahasiswa di salah satu Universitas Banten. Ya, mahasiswa.

            Menjadi seorang mahasiswa, kita di pandang sebagai kaum intelektual yang mempunyai intelegensi yang tinggi. Mahasiswa memiliki peran yang diharapkan dapat membawa perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik. Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock merupakan peranan penting yang kita emban sebagai seorang mahasiswa.

            Agent of Change. Melihat negeri kita yang semakin semrawut tak menentu ini. Jelas kita sebagai mahasiswa di harapkan dapat menjadi agen perubahan yang bisa memperbaiki segala kejanggalan yang ada. Membawa perubahan ke arah positif. Memperbaiki pembodohan dan ketidakadilan yang tanpa sadar telah melekat pada negeri Ini. Namun tentu itu bukanlah tugas yang mudah. Ketahuilah untuk mengubah sebuah negara kita bisa mengawalinya dari perubahan kecil, ya merubah diri kita sendiri menjadi pribadi yang lebih baik.

            Social Control. Kita sebagai seorang mahasiswa diharapkan dapat menunjukan rasa kepedulian sosial kita terhadap masyarakat, karena bagaimanapun kita adalah bagian dari mereka. Namun bukan berarti kita harus melakukan demo atau aksi-aksi setiap kali ada sesuatu yang ganjil dalam pemerintah. Cukup dengan pemikiran-pemikiran cemerlang, diskusi ataupun dengan memberikan bantuan langsung, baik moril maupun materil terhadap bangsa kita ini.

            Iron Stock. Sebagai mahasiswa yang katanya kaum intelektual. Mahasiswa merupakan aset cadangan dan harapan bangsa untuk masa depan. Kita diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa. Menjadi generasi yang dapat menjadi calon-calon pemimpin bangsa menggantikan para generasi yang telah ada. Tentu dengan pemikiran, kemampuan, akhlak dan keterampilan yang lebih baik.

            Aku tahu rasanya sulit mengemban perananistimewa tersebut. Tapi aku yakin aku bisa, demi negeriku untuk lebih maju bukankah sebagai penerus bangsa kita pasti bisa? Tentu tak yang tak mungkin di dunia ini. Terlepas dari apapun yang kita miliki jika kita yakin, kita pasti bisa mewujudkannya. Salah satunya meyakini bahwa Indonesia bisa lebih baik di tangan kita. Generasi Muda Penerus Bangsa.

#30DWC Jilid 4 Hari ke 29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama: The Item, Drama Supranatural yang Bikin Mikir Keras!

Anyeonghaseyo yeorobun! Kali ini aku mau ngereview salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton. Btw drama ini baru aja tamat mi...